Mekanisme Penyelesaian Kartu Kredit Macet Dengan Bantuan Bank


Sesuai dengan namanya, kartu kredit banyak digunakan untuk bertransaksi yang melibatkan pihak ketiga. Ini berarti setiap pembelian atau pembayaran difasilitasi oleh bank. Namun anda juga tidak terbebas begitu saja dari tanggungan. Dalam hal ini tentu bank membebankan bunga karena dari bunga itulah bank mengambil keuntungan. 

Jadi, jika Anda merupakan pelanggan setia kartu kredit itu artinya Anda berpotensi menambah hutang kepada pihak bank di mana kartu kredit itu dikeluarkan. Selain itu, satu sisi yang lain juga dapat menjerumuskan Anda pada permasalahan keuangan yang bisa disebut dengan kredit macet

Permasalahan ini merupakan permasalahan yang klasik yang kerap terjadi pada hampir setiap pemegang kartu kredit. Lalu bagaimana cara melunasi kartu kredit macet? Anda dapat melakukan cara- cara di bawah ini.

Mekanisme Penyelesaian Kartu Kredit Macet Dengan Bantuan Bank


Cara melunasi kartu kredit macet, ada 3 langkah yang bisa diupayakan oleh bank agar perkara ini dapat terselesaikan.

1. Rescheduling


Apa itu rescheduling? Dalam bahasa Indonesia artinya penjadwalan ulang. Pada tahap ini nasabah yang mengalami kredit macet kemudian akan ditawari penjadwalan ulang terhadap jadwal pembayaran serta jangka waktu pelunasan. Jika dengan metode ini sang nasabah masih juga belum mampu untuk membayar cicilan kartu kreditnya, bank akan mengajukan cara kedua.

2. Reconditioning


Reconditioning artinya persyaratan ulang. Beberapa syarat dan ketentuan yang mengacu pada kartu kredit pemilik. Tentu saja perubahan itu ke arah yang bisa memudahkan beban pemilik kartu kredit. Adapun perubahan syarat dan ketentuan tersebut mencakup jadwal pembayaran, bunga cicilan kartu kredit, jangka waktu pembayaran dan lain sebagainya.


3. Restructuring


Restructuring bisa diartikan sebagai penataan ulang. Inilah tahap akhir cara melunasi karti kredit macet yang di lakukan oleh bank. Penataan ulang itu meliputi penambahan waktu cicilan, pengurangan suku bunga, pengurangan denda, dan sebagainya.

Dari tiga fase yang telah dijelaskan di atas adalah upaya positif bank dalam menanggulangi pembayaran kartu kredit macet. Tentunya ini adalah kabar baik bagi siapa saja yang mengalami masalah dengan pembayaran kartu kredit. Sebagai pelanggan, semua yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu prosedur yang diperlukan.




Comments